>

Sunday, April 5, 2015

Langkah-Langkah Menginstal WINDOWS 7

Instal Windows 7 adalah suatu cara menginstal sistem pada komputer yang sangat mudah. Instal baru atau instal ulang Windows 7 ini diterapkan pada satu partisi di hard disk.

Instal baru Windows 7 "Fresh instal" atau "Clean instal" ialah menghapus sistem yang ada sebelumnya (baik Windows XP, Linux, Windows 7 atau Windows 8) dan menggantinya dengan instalasi baru Windows 7. Dengan kata lain Windows 7 yang baru akan menghapus seluruh sistem pada satu partisi, termasuk virus kalau ada, maka Window 7 yang baru tersebut benar-benar bersih dari virus.

Persiapan sebelum instal Windows

Untuk "instal Windows 7" siapkanlah beberapa hal di bawah ini agar memudahkan proses instalasi dan dapat membantu khususna bagi pemula seperti ane gan, hehehe...

Spesifikasi: Spesifikasi Minimum Hardware untuk instal Windows
Tipe Procesor: Cara Mengetahui Tipe Processor 32-bit / 64-bit
Driver Windows: Siapkan Driver - Download dan Instal Driver Windows
Software Penting: Siapkan Software - Software Paling Penting untuk Windows
Sistem Windows: Instal dari CD/DVD Windows /  instal Windows 7 dari Flash Disk (USB).

Detail Lengkap Instalasi Windows 7

Proses Menginstal

Untuk memulai proses instalasi windows 7, anda akan perlu boot pertama dari windows 7 DVD (jika menggunakan windows 7 DVD Installer) atau boot pertama dari perangkat USB (jika menggunakan Flashdisk).

Langkah-Langkah

Berikut langkah-langkah instal windows 7, dengan gambar dimulai dari memilih booting windows dari DVD atau Flahdisk. Khususnya untuk booting dari flashdisk, maka masukkan terlebih dahulu flashdisk sebelum menyalakan komputer atau laptop.

1. Nyalakan Komputer / Laptop
2. Ubah boot Pertama Ke CD/DVD, namun jika dari Flash Disk ubah BOOT pertama ke Flash Disk, ini diperlukan agar Boot Pertama dilakukan melalui Windows 7 DVD Installer atau Flash Disk. (Pada Langkah dibawah).
3. Saat menyalakan Laptop  Komputer Masuk Setup Menu dengan menekan F2 (Pada beberapa Laptop merk lain Esc, F1, F10 atau Del pada Komputer).

Contoh Masuk ke Setup Utility, Tampilan ini beraneka ragam tergantung merk, Cari Boot.

Arahkan Boot Pertama Jadi DVD atau Flash Disk sesuai keinginan, Tampilan ini juga beraneka ragam tergantung merk.

Exit, Saving Changes Kemudian YES, dan komputer/Laptop akan segera Restart dari DVD.
Jangan lupa masukkan dulu DVD Windows 7 Installer ke Drive DVD, sebelum restart.






0 komentar:

Post a Comment