>

Thursday, June 4, 2015

Laptop Sering Hang? Ini Dia Mungkin Penyebabnya



PERNAHKAH Anda mengalami komputer mati mendadak atau terjadi black screen? Mungkin komputer Anda sedang hang. Hal ini tentu sangat menjengkelkan. Namun, masalah ini terjadi diakibatkan oleh software, hardware maupun penggunanya itu sendiri.
Banyak akibat yang ditimbulkan saat komputer mengalami hang. Mulai dari program yang dijalankan mengalami not responding, beberapa hardware tidak berfungsi dan bahkan komputer melakukan restart otomatis.
Berikut ini beberapa penyebab komputer Anda mengalami hang.

RAM rusak atau mempunyai kapasitas yang kecil
Penyebab komputer sering hang adalah kemungkinan RAM yang rusak atau memiliki kapasitas yang kecil. RAM yang rusak tentu akan mempengaruhi kinerja komputer anda, hal ini bisa diatasi dengan cara membersihkan pin yang ada di RAM menggunakan penghapus, lalu pasang kembali RAM di motherboard komputer anda.selain itu masalah pada RAM adalah kapasitas RAM yang kecil, akibatnya komputer tidak bosa menjalankan program yang berat maupun membuka banyak program secara bersamaan.
Komputer Overheat atau kepanasan
Overheat adalah suatu kondisi dimana komputer mengalami peningkatan suhu melebihi batas normal. Komputer anda dikatakan normal apabila rata-rata suhu dibawah 50°C. Komponen dalam komputer cukup sensitif terhadap panas, hal ini yang bisa membuat komputer anda menjadi hang, Maka dari itu perawatan komponen pendingin harus diperhatikan.
Harddisk bermasalah
Usia dan performa pada perangkat keras Harddisk juga berpengaruh membuat komputer mengalami hang. Segera cek dengan scan atau check disk, jika memang Harddisk performanya sudah menurun, solusi terakhir adalah dengan memformat Harddisk secara penuh, atau bisa membeli lagi yang baru.

Power Supply bermasalah
Power Supply adalah salah satu komponen paling penting dalam komputer, karena komponen inilah yang bertugas memberikan atau menyuplai arus listrik. Jika kinerja power supply tidak maksimal tentu memungkinkan terjadinya hang. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek keaadaan power supply tersebut, letakan posisi power supply pada area yang mempunyai sirkulasi udara yang baik, selain itu pembersihan juga wajib dilakukan.
-Yassirli Namaku-

0 komentar:

Post a Comment