>

Friday, October 3, 2014

Komunikasi Data Melalui Teknologi Wireless

Pernahkah anda mendengar mengenai teknologi wireless? Wireless atau nirkabel adalah sebuah teknologi komunikasi data atau informasi tanpa menggunakan kabel. Nirkabel berarti bahwa komunikasi data bisa terjadi antara dua komputer atau dua sumber informasi tanpa harus terhubung dengan kabel.

Teknologi wireless memungkinkan adanya transfer informasi antara dua titik tertentu atau lebih tanpa perlu menggunakan penghantar listrik. Teknologi ini memungkinkan terjadinya pengaksesan secara real time selama perangkat yang digunakan masih berada di dalam batas akses jaringan wireless tersebut. Misalnya,
ketika anda menggunakan hotspot atau wireless di tempat umum seperti kampus, café, atau hotel, anda hanya bisa mengakses internet menggunakan jaringan wifi selama masih berada di radius tertentu.

Teknologi nirkabel bukanlah hal yang baru dalam kehidupan anda. Bahkan, anda menggunakannya setiap hari. Remote control adalah salah satu contohnya. Tanpa adanya kabel atau aliran listrik, anda bisa mengganti-ganti channel televisi dalam jarak tertentu. Demikian juga dengan mouse wireless yang sudah banyak ditemui saat ini.

Dalam hal komunikasi data, telepon seluler, radio dan GPS merupakan contoh pemanfaatan teknologi wireless. Dengan adanya telepon seluler dan radio, maka dua orang atau lebih dapat saling berkomunikasi. Demikian pula dengan GPS dimana seseorang bisa mengetahui letak atau titik keberadaan suatu benda secara geografis melalui peralatan melalui sistem GPS locator.

Kelebihan utama dari teknologi nirkabel ini adalah kemudahan akses karena tidak memerlukan kabel dan biaya akses yang lebih murah, karena jumlah penggunanya tidak terbatas (selama masih berada di wilayah jangkauan akses). Sementara itu, teknologi wireless juga memiliki beberapa kelemahan, yakni kecepatan transmisi data sedikit lebih lambat, biaya instalasi awal yang lebih mahal, serta keterbatasan kapasitas jaringan.

0 komentar:

Post a Comment